RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : Kurikulum 2013
Mata Pelajaran :
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester :
XI / Satu (Ganjil)
Materi Pokok : Lembaga Negara
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit / 3 Pertemuan
A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam
pergaulan dunia.
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
3.4. Menganalisis sistem pembagian kekuasaan
pemerintahan negara, kementerian negara, dan pemerintahan daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Indikator:
a.
Menjelaskan pembagian kekuasaan pemerintahan negara, kementerian negara,
dan pemerintahan daerah menurut UUD 1945
b.
Mengklasifikasikan
Pembagian kekuasaan negara menurut
UUD 1945
c.
Menguraikan tugas dan kewenangan Lembaga Negara di Indonesia
d.
Menganalisis fungsi dari Lembaga Negara yang ada di Indonesia
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, dan
berdiskusi peserta didik mampu:
· Menganalisis sistem pembagian kekuasaan pemerintahan
negara, kementerian negara, dan pemerintahan daerah menurut UUD 1945
· Menyajikan sistem pembagian kekuasaan pemerintahan
negara, kementerian negara dan pemerintahan daerah
D. Materi Pembelajaran
Fakta
· Lembaga-lembaga
yang ada di Indonesia baik di tingkat pusat maupun di daerah ( DPR, Presiden
& Wakil Presiden, DPD, KY, MA, MK, DPRD, Gubernur, Kementerian Lainnya)
· Hubungan
Vertikal oleh pemerintah pusat kepada pemerintah daerah
Konsep
· Pembagian Kekuasaan berdasarkan Trias Politika
· Pemisahan kekuasaan (separation of power)
Prinsip
· Nilai-nilai Pancasila
· UUD
Tahun 1945
· UU No. 22 Tahun 2003 tentang susunan dan kedudukan
Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan
Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.
E. Metode Pembelajaran
1.
Strategi :
Focus
Group Discusion dan Discovery Learning
2.
Pendekatan :
Saintifik
3.
Metode :
·
Pengamatan
·
Diskusi
kelompok
·
Presentasi
·
Penugasan/Analisis
dan Penyusunan Laporan
F. Alat/Media/Bahan
· Alat :
LCD, proyektor
dan komputer.
· Media :
power point
· Bahan ajar :
Buku PPKn kelas XI, UUD NRI tahun 1945,
G. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Guru membuka pertemuan dengan salam
·
Mempersiapkan kelas agar kondusif
·
Peserta didik dan guru berdoa bersama
·
Guru melakukan absensi peserta didik
·
Menginformasikan kepada peserta didik mengenai
materi pelajaran hari ini dan tujuan pembelajarannya
|
15 menit
|
Kegiatan
Inti:
Mengamati
·
Mencermati sistem tentang pembagian kekusaan pemerintahan negara,
kementerian negara dan pemerintahan daerah.
·
Memberikan gambaran susunan pada pembagian
kekuasaan Pemerintah Negara, Kementerian Negara, dan Pemerintahan Daerah.
·
Menguraikan tugas dan wewenang Pemerintah Negara,
Kementerian Negara, dan Pemerintahan Daerah.
Menanya
·
Menanyakan tanggapan peserta didik tentang
pembagian kekusaan pemerintahan negara , kementerian negara dan pemerintahan
daerah dan fugsinya dari lembaga tersebut.
·
Menanyakan intisari dari gambaran susunan pada
pembagian kekuasaan Pemerintah Negara, Kementerian Negara, dan Pemerintahan
Daerah
Mengasosiasikan
·
Mencari hubungan antara sistem pembagian kekuasaan
Pemerintah Negara, Kementerian Negara, dan Pemerintahan Daerah
Mengomunikasikan
· Menyampaikan hasil temuan
tentang fungsi dan tujuan dari
lembaga negara yang ada di Indonesia
|
60 menit
|
Penutup
·
Bersama
peserta didik menyimpulkan apa yang dimaksud system pembagian kekusaan
pemerintahan negara , kementerian negara dan pemerintahan daerah
·
Guru membentuk kelompok heterogen beranggotakan 4
orang
·
Memberikan tugas mengamati dan menganalisis tentang tugas dan wewenang
lembaga negara beserta fungsinya dan permasalahannya
|
15 menit
|
Total Alokasi Waktu
|
90 Menit
|
Pertemuan Kedua
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Guru membuka pertemuan dengan salam
·
Mempersiapkan kelas agar kondusif
·
Peserta didik dan guru berdoa bersama
·
Guru melakukan absensi peserta didik
·
Mengulas kembali materi yang dipelajari pada
pertemuan sebelumnya
|
15 menit
|
Kegiatan
Inti
·
Melaksanakan
post test tertulis tentang sistem pembagian kekuasaan Pemerintahan Negara
·
Guru
membimbing siswa untuk berkumpul sesuai kelompok yang sudah dibentuk pada
pertemuan sebelumnya
·
Mengumpulkan rangkuman hasil diskusi kelompok
Mengasosiasikan
·
Mencari tahu dan mendeskripsikan tugas dan wewenang Pemerintahan Negara
Mengkomunikasikan
·
Menyampaikan hasil diskusi dari setiap kelompok
dihadapan teman-temannya
|
60 menit
|
Penutup
·
Membagikan hasil post test ke peserta didik
·
Bersama
Peserta didik menyimpulkan tugas
dan wewenang Lembaga Negara
|
15 menit
|
Pertemuan
Ketiga
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Guru membuka pertemuan dengan salam
·
Mempersiapkan kelas agar kondusif
·
Peserta didik dan guru berdoa bersama
·
Guru melakukan absensi peserta didik
|
15 menit
|
Kegiatan
Inti:
·
Untuk
mengetahui pemahaman peserta didik guru memberikan evaluasi yang berupa ujian
tertulis
|
60 menit
|
Penutup
·
Guru mengulas
kembali materi yang telah diberikan.
·
Guru memberi motivasi belajar kepada siswa
secara konseptual sesuai manfaat dan aplikasi dari materi ini, siswa dapat
memahami dan menumbuhkan kesadaran akan pentingnya Lembaga Negara
|
15
menit
|
H. Penilaian
1. Tugas
·
Diskusi
kelompok mengenai tugas
dan wewenang lembaga negara
·
Membuat rangkuman hasil pengamatan dan penugasan
·
Mempresentasikan
hasil penugasan dan pengamatan di depan kelas
2.
Observasi
·
Menilai
kegiatan pengamatan dan tanya-jawab dan penyusunan laporan dalam kelompok
berkaitan dengan system pembagian kekusaan
pemerintahan negara , kementerian negara dan pemerintahan daerah
3. Portofolio
·
Penilaian ini digunakan
untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang system pembagian kekusaan
pemerintahan negara , kementerian negara dan pemerintahan daerah
4.
Tes
·
Test tertulis
tentang pembagian kekuasaan dan kewenangan lembaga negara, kementrian negara,
dan pemerintahan daerah
Sumber/Referensi;
v Buku PPKn kelas XI
v UUD 1945 Pasal 2 sampai 22D
Jakarta, 12 Desember 2014
Mengetahui
Kepala SMAN 33 Jakarta Guru
Matapelajaran PPKn
Drs. Purwanto, MPd Ramli
Ardi Yahya, S. Pd.
Format
Penilaian
LEMBAR PENGAMATAN OBSERVASI DAN KINERJA
PRESENTASI
Mata Pelajaran : PPKn
Kelas/Program : XI/Wajib
kelompok A
Kompetensi : KD 3.4
No
|
NamaSiswa
|
Observasi
|
Kinerja Presentasi
|
Jml
Skor
|
Nilai
|
||||
Akt
|
tgjwb
|
Kerjsm
|
Prnsrt
|
Visual
|
Isi
|
||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
||||
1.
|
Khoerul Azar M.
|
4
|
4
|
3
|
4
|
3
|
3
|
21
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan pengisian skor
4.
Sangat baik
3.
Baik
2.
Cukup baik
1.
Kurang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar